Tugas SoftSkill Ilmu Alamiah Dasar

BANJIR

Banjir adalah suatu kondisi dimana air tergenang cukup dalam pada sutu lokasi tertentu yang tidak seharusnya tergenang air, hal itu dikarenakan adanya kesalahan pada sistim pengairan atau kerusakan dalam sistim pembuangan air tersebut.

Banjir saat ini sudah menjadi sebuah momok bagi masyarakat pada daerah tertentu, khususnya bagi masyarakat yang bermukim di daerah yang rawan atau sudah menjadi langganan banjir tiap musim penghujan. Berikut adalah peta prakiraan daerah berpotensi terkena banjir  di Provinsi DKI Jakarta pada bulan februari 2012 lalu.

Dari data di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa hampir 45% dari seluruh daerah Jakarta mengalami banjir. Hal ini patut dipertanyakan siapakah yang patut bertanggung jawab atas masalah ini.

Pihak pemerintah telah mengupayakan penanggulangan banjir hal ini membuat permerintah mengambil keputusan untuk meminjam uang sebesar US$ 139,64 juta atau sekitar Rp 1.25 triliun kepada bank dunia untuk upaya penanggulangan banjir.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam hal penanggulangan banjir adalah dengan adanya Proyek Banjir Kanal Timur. Proyek ini bertujuan untuk melindungi kawasan timur hingga utara Jakarta dengan cara menghubungkan aliran-aliran sungai yang mengalir di kawasan tersebut langsung menuju kanal-kanal yang telah dibuat.

Dengan metode ini, banjir yang selalu terjadi baik di pemukiman, jalan, dan kawasan bisnis diharapkan tidak terjadi lagi. Proyek Banjir Kanal Timur ini telah dicanangkan sejak tahun 2003. Kanal-kanal dibangun dengan ukuran lebar 100-300 meter dengan panjang 23,5km.

Namun proyek ini belum dapat dijalankan secara optimal dikarenakan pembangunanya yang belum rampung. Pada musim penghujan tahun ini banjir masih terjadi di beberapa titik di Jakarta, fungsi kanal inipun belum terwujud. Pemerintah Daerah Jakarta dan Kementrian Pekerja Umum berperan penting dalam kelanjutan proyek ini hingga terwujudnya manfaat untuk mengatasi banjir.

Tapi pada dasarnya bukan hanya pemerintah yang mengambil andil pada permasalahan banjir ini, masyarakat juga harus ambil andil penting dalam mengatasi banjir. Sudah seharusnya pemeritah dan masyarakat bekerja sama untuk mengatasi masalah banjir ini.

Mengatasi banjir membutuhkan proses yang bertahap dimulai dari kesadaran diri sendiri mengenai penyebab banjir dan dampak yang ditimbulkannya. Dibutuhkannya peran serta orang tua dan guru untuk menanamkan kesadaran hidup sehat, bersih dan taat peraturan kepada generasai muda dan pemahaman terhadap dampak banjir yang sangat merugikan dalam segala aspek dan kegiatan sehari-hari.

Dampak dari banjir :

–          Terjangkitnya berbagai macam penyakit seperti diare, demam berdarah, lepstospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penyakit kulit, dan penyakit saluran cerna.

–          Terjadinya kerugian pada bidang bisnis dan pendidikan.

–          Terjadinya kerugian materil karna kehilangan harta benda.

Oleh Karen itu, Marilah kita jaga kebersihan lingkungan kita agar terhindar dari banjir.

BERSIH itu INDAH…

dan BERSIH itu SEBAGIAN DARI IMAN…  :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s