Menyimpan Data di Internet

Menyimpan Data di Internet

 

Karmila Sari 2DA02 (44212027)

Apakah anda pernah mengalami kehilangan data-data di komputer atau PC anda? Terlebih data-data itu adalah data-data penting, dikarenakan komputer anda yang terkena virus, atau karna PC anda yang hilang, rusak, atau terformat. Hal itu pasti menjengkelkan .

Kehilangan atau kerusakan hardware memang bisa diartikan musibah, yang akan mendatangkan berbagai masalah dan kesulitan bagi pemiliknya. Kadangkala dilihat dari segi pentingnya data, bahkan ia lebih tinggi dibandingkan nilai hardware itu sendiri.

Untuk itu sebaiknya memang setiap kita mau melakukan hal sederhana yang kadang malas dilakukan yaitu memback up data.

Back-up data dengan dengan flashdisk maupun external disk dengan volume yang cukup besar menjadi pilihan yang banyak diambil orang.

Banyak cara untuk memback up data melalui media penyimpanan online seperti dropbox, sugarsync, dan spideroak pun menjadi pilihan-pilihan berikutnya. Ini mempunyai sisi keunggulan, utamanya saat flash disk/ external disk tak terbawa saat kita perlukan, kita masih dapat mengaksesnya di komputer mana pun sepanjang ada jaringan internet.

Google Drive

Sejak peluncuran Google Drive 24 April 2012 lalu, kita mempunyai satu lagi alternatif penyimpanan data melalui media online dengan mudah. Kita dapat menyimpan data secara gratis di sana dengan maksimum kapasitas 5 GB. Jika file lebih dari itu, memang dikenakan biaya sebesar $2.49 / bulan ( +/- Rp.25.000,-/bulan) untuk kapasitas hingga 25 GB dan $4.99/ bulan ( +/- 50.000,-/bulan ) untuk maksimal 100 GB.

Keuntungan penyimpanan data di Google Drive antara lain adalah :

  1. Data yang tersimpan dapat dibuka dimana pun berada, sepanjang terhubung dengan jaringan internet
  2. Sebagaimana penyimpanan di media online lainnya, jika unit komputer kita rusak/hilang, maka kita tidak akan kehilangan data tersebut.
  3. Gratis pemakaian sampai 5GB
  4. Dapat berbagi data dengan mudah dengan orang lain melalui jaringan email.

Cara penyimpanan yang mudah.

  1. Anda tentu harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Jika belum, maka Anda wajib membuatnya.
  2. Login email, lalu Klik : Drive, kemudian Install. Otomatis Google akan membuatkan Google Drive untuk kita.
  3. Google Drive siap digunakan. Buat nama folder yang dapat cukup menjelaskan isi data di dalamnya.
  4. Perhatikan di bawah layar komputer Anda, ada tanda jajaran genjang seperti simbol mirror. Klik tanda tersebut, dan klik lagi pada Google Drive Folder.
  5. Pilih file mana saja yang ingin Anda back up dengan cara : cut ( gunting ) dan pindahkan pada Google Drive Folder. Karena jika kita memilih menu : copy, maka efeknya kita akan mempunyai file ganda pada komputer. Tentunya ini menjadi tidak efektif dan memakan tempat (memory hardisk).
  6. Setiap file yang dimasukkan ke Google Drive Folder, ia akan di-mirror ke Google Drive on the web kita secara otomatis. Waktu sinkronisasi tergantung besar kecilnya file.
  7. Kita bisa mengeceknya dengan masuk ke Google Drive on The Web kita. Tekan refresh jika file yang dimaksud belum juga muncul di sana.
  8. Untuk berbagi file/folder dengan teman, klik file/folder yang dipilih.
  9. Arahkan kursor pada simbol orang di atas, lalu masukkan alamat email teman kita, lalu kirim. Kita dapat menentukan, apakah si penerima hanya bisa membaca saja, atau dapat turut merubah/mengedit file kita.
  10. Si penerima akan mendapat email pemberitahuan, bahwa ada dokumen yang dibagikan. Kini ia dapat melihat file dalam Google Drive kita, sesuai data mana yang kita tentukan.

Dropbox

Layanan aplikasi Dropbox didirikan pada tahun 2007 silam, memang sudah cukup lama aplikasi peyimpanan data berbasis web ini telah berdiri, sehingga dengan rentang waktu yang cukup lama tersebut, layanan ini telah banyak memiliki pengalaman dalam meningkatkan kualitas layanannya. Dropbox didirikan oleh lulusan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yaitu Drew Houston dan Arash Ferdowsi. Mereka mulai membangun layanan ini dengan menggunakan modal awal yang didapat dari Y Combinator dan beberapa perusahaan lainnya.

Keuntungan penyimpanan data di Dropbox antara lain adalah :

  1. Data yang tersimpan dapat dibuka dimana pun berada, sepanjang terhubung dengan jaringan internet
  2. Sebagaimana penyimpanan di media online lainnya, jika unit komputer kita rusak/hilang, maka kita tidak akan kehilangan data tersebut.
  3. Dropbox memiliki jumlah pengguna yang relatif besar
  4. Penggunanya juga menggunakan perangkat yang bervariasi seperti menggunakan PC, perangkat mobile ataupun yang lainnya
  5. Memiliki fitur “Dropbox for Teams” ini diberikan atau direkomendasikan untuk kalangan pada pebisnis.
  6. Dll

Cara penyimpanan yang mudah.

  1. Langkah pertama untuk dapat menggunakan layanan ini adalah mendaftar akun Dropbox, kunjungi halaman di bawah ini.https://www.dropbox.com
  2. Setelah membuat akun selesai, kita diperintahkan untuk menginstall sebuah aplikasi Dropbox di dalam komputer atau gadget kita
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru, klik Install.  Untuk proses selanjutnya akan muncul jendela yang akan menanyakan tempat untuk hasil install aplikasi, seperti kebanyakan pengguna memilih folder Program files di Local disk C:.
  4. Lalu akan juga muncul jendela yang akan menanyakan jenis akun yang anda inginkan, seperti free (gratis) akan mendapatkan 2 GB, atau menggunakan layanan yang berbayar dengan harga $9.99 perbulan dan $19.99 perbulan yang  masing-masing akan mendapatkan kapasitas peyimpanan data yang lebih besar dibanding dengan yang free
  5. Setelah proses install software telah selesai, dan akun Dropbox telah dibuat, kemudian masuk ke dalam pembahasan cara menggunakan Dropbox

Sumber :

http://teknologi.kompasiana.com/internet/2013/02/14/menyimpan-data-di-google-drive-533463.html

http://terus-tambah-pengetahuan.blogspot.com/2013/06/menyimpan-data-secara-online-di.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s