Rencana Pemasaran

RENCANA PEMASARAN

Karmila Sari /2 DA02 / 44212027
Rencana Pemasaran, Sebelum kita berbicara mengenai rencana pemasaran, sebelumnya kita harus mengetahui apa itu pengertian dari Pemasaran.
Pemasaran adalah suatu proses atau kegiatan dalam bisnis untuk memenuhi kebutuhan konsumen atas barang dan jasa. Dalam proses itu meliputi ; penetapan harga, mendistribusikan produk (barang dan jasa) dari tempat produksinya hingga sampai di tangan konsumen, dan juga kegiatan promosi (memperkenalkan produk kepada konsumen). Semua proses itu dilakukan dengan tujuan memuaskan konsumen.
Seperti yang sudah diterangkan diatas bahwa pemasaran meliputi penetapan harga, pendistribusian dan promosi.
1. Penetapan Harga
Penetapan harga dapat dilakukan dengan cara menghitung semua biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk tersebut kemudian ditambahkan dengan laba yang diinginkan perusahaan. Untuk penetapan harga setiap produsen harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu :
• Harga pasaran dari produk serupa.
• Harga pesaing.
• Harga harus disesuaikan dengan mangsa pasar yang dituju.
• Harga harus bisa bersaing namun tetap tidak melupakan laba yang diinginkan perusahaan.
• Harga produk harus disesuaikan dengan kualitas produk yang dibuat.
Dalam beberapa kasus, para pengusaha yang memperoduksi produk tidak mempertimbangkan beberapa hal diatas, hal itu menyebabkan terjadinya kerugian bagi produsen itu sendiri. Sebagai contoh, jika pengusaha tidak mempertimbangkan harga pasaran produk serupa dari pesaing lainya maka pengusaha bisa mengalami kerugian, karna jika pengusaha menetapkan harga yang lebih rendah dari harga pasar maka pengusaha bisa mengalami kebangkrutan disebabkan pendapatan yang kecil, dan bila pengusaha menetapkan harga diatas harga pasar maka tidak akan ada konsumen yang mau membeli produk tersebut, konsumen akan beralih kepada produk pesaing yang harganya lebih terjangkau.
2. Pendistribusian
Distribusi adalah suatu kegiatan memindahkan produk yang telah siap kepada kostumer. Dalam hal ini pihak perusahaan juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan pendistribusian agar tidak terjadi kesalahan (salah pendistribusian).
a. Tentukan Target pasar yang dituju.
Target pasar yang dituju oleh pengusaha sebagai lahan untuk menyalurkan produk jadinya harus ditentukan dengan benar, hal ini dapat menentukan angka penjualan produk nantinya. Jika terjadi kesalahan pemilihan pasar maka produk tidak akan bisa terjual. pilihlah pasar yang memang membutuhkan produk yang anda buat.
b. Segmentasi Pasar.
Setelah pasar yang diinginkan telah dipilih dan dipastikan tepat, maka langkah selanjutnya pengusaha harus menentukan segmentasi pasar konsumenya yang dituju oleh produk yang dibuat, karna pada dasarnya pasar memiliki konsumen yang bersifat Heterogen (bermacam-macam) karna itu pengusaha harus lebih menspesifikasikan dalam menentukan target pasarnya. Segmentasi pasar adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menspesifikasikan atau menggolongkan sifat-sifat dari konsumen kedalam beberapa aspek. Pada umumnya aspek-aspek yang digunakan pada segmentasi pasar yaitu
• Aspek Geografi (wilayah, pemukiman, perkotaan, dsb) pasar dapat dibedakan menurut batas-batas wilayah / daerah. Misalnya pada daerah utara dan selatan.
• Aspek Demografi (usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dsb) pasar dapat dibedakan menurut perbedaan usaia, pasar dewasa akan berbeda dengan pasar anak-anak.
• Aspek Psikografi (sikap, motifasi, presepsi, dsb) pasar dapat dibedakan menurut perbedaanya misalnya sikap konsumen terhadap produk tertentu.
• Aspek Kebiasaan (membeli, mengkonsumsi, dsb)
c. Pemilihan Saluran Distribusi yang Tepat
pemilihan saluran disrtibusi atau cara mendistribusikan produk merupakan hal yang penting pula. Pengusaha harus memilih saluran distribusi yang aman dan terpercaya untuk menjamin kualitas dan keamanan dari produk saat sampai kepada konsumen, selain itu biayanya pun juga harus dipertimbangkan.
3. Promosi
Promosi adalah suatu kegiatan mengenalkan produk kepada konsumen. Hal ini berlaku untuk produk yang baru ataupun yang lama. Hal ini digunakan untuk mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk yang dibuat oleh produsen.
Ada beberapa cara promosi yang digunakan. Dari yang paling sederhana yaitu dari mulut ke mulut, melalui bazar dan pameran, melalui spanduk dan pengumuman, melaui iklan baik dalam surat kabar ataupun televisi dan radio dan yang paling booming saat ini adalah melaui internet dengan menggunakan fasilitas yang ada seperti melalui sosial media, blog, atau layanan penjualan yang sudah tersedia.
Hal ini mempermudah pihak produsen untuk melakukan promosi produk mereka dengan biaya yang relatif lebih murah. Karna pada saat ini internet bukanlah merupakan barang langka lagi, tetapi sudah mulai menjadi suatu kebutuhan masyarakat.
Dalam kegiatan promosi ada yang dinamakan Marketing Mix (bauran pemasaran) yaitu suatu konsep yang menyelaraskan antara Price (harga), Place (tempat), Produce (produk), Promotion (promosi). Keempat elemen ini harus dibuat dengan baik agar produk dapat menarik pelanggan dengan baik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s